startup

Serba-Serbi Startup

Sejak tahun lalu, saya mulai berkecimpung di dunia startup. Dulu pun saya belum pernah kepikiran tuh buat masuk dunia startup yang katanya sangat challenging. Pikiran saya sebelum lulus mungkin saya akan berakhir di dunia agency, but I realized I’m not into it because of too many clients. I prefer handling 1 client at times.

It also can be your consideration for choosing career path between agency and startups.

Ketika masuk ke dunia startup, saya pun dihadapkan pada 2 pilihan juga, B2B atau B2C? Karena di field digital marketing, saya pun mikir keduanya sama aja, siapa sih yang gak butuh marketing? Tapi, setelah trial-and-error, saya pun berkesimpulan; both have different needs.

Di dunia B2B, ada yang jadi core dalam bisnisnya, yaitu business development. BD kurang lebih task-nya adalah mencocokan & handling flow produk yang dimiliki dengan kebutuhan klien. Gimana dengan digital marketing? Dibutuhkan hanya sejauh untuk branding. Itupun gak terlalu krusial karena namanya bisnis, core-nya adalah attract clients, dan hal tersebut dipegang oleh business development.

Beda banget sama B2C, which I could say digital marketing as business core. Karena customer adalah clients, dan dicapai lewat digital channel. Kalo untuk produk tech, seperti G*jek, biasanya ada juga product marketing, yang jadi jembatan antara tech team dan digital marketing. Task-nya kurang lebih sama dengan BD di B2B.

Saya yang awalnya berfikir bisa terjun ke B2B pun sadar, (Setelah coba case dalam proses rekruitmen tentunya), bahwa saya gak terlalu cocok ke B2B. Wong dari SMA aja saya udah sering jualan produk, so B2C is indeed my things.

Dalam menentukan karir, hal tersebut harus jadi pertimbangan di awal. Karena buat lompat (dari B2C ke B2B) gak semudah itu, ada mindset dan sistem kerja yang berbeda. Bisa jadi proses onboarding-mu akan lama kalo tidak sesuai dengan yang kamu minati.

Good Luck!

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis


*If you wanna ask further, you can ask me through WhatsApp or Instagram. Cheers!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *