orang dalem

Orang Dalem Gak Masalah

Istilah “Orang Dalem” jadi term yang cukup populer di media sosial beberapa waktu terakhir. Istilahnya erat banget sama hal negatif, bisa jadi karena keterima kerjanya lewat jalur gak biasa dan lebih mudah. Bisa juga karena ada orang yang iri aja, karena selalu kalah dengan “orang dalem”. Emangnya salah kalo keterima kerja karena “orang dalem”?

Menurut saya gak salah, selama orang tersebut kompeten. Walaupun gak menutup kemungkinan ada orang yang gak kompeten karena beda level “orang dalem”, misalnya karena keluarga. Tapi selama orang tersebut kompeten dan gak merepotkan orang lain, kenapa enggak?

Apalagi ada yang dapet “orang dalem” karena dia kerjanya bagus sehingga di-refer sama mantan bos-nya. Sebagai recruiter pasti prefer orang yang udah pernah kerja bareng dengan orang yang udah dikenal, kan?

Terus gimana kalo kamu selalu kalah sama orang dalem dan orang-orang privilege? Don’t dwell. Menurut saya privilege itu bisa diciptakan sendiri kok, walaupun proses lebih lama dan lebih capek. Besok akan saya share gimana caranya membuat privilege sendiri. Stay tune!

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *