lebaran

Pertanyaan Saat Lebaran

Kebetulan lebaran kali ini gak bareng keluarga karena pandemi. Sebenernya udah 2 kali lebaran gak bareng keluarga, sebelumnya tahun 2016 waktu KKN di Banda Neira. Gak lebaran bareng keluarga besar pun berarti gak ada lagi tuh pertanyaan banding-bandingin ke saudara, mulai dari kerjaan ataupun jodoh.

Banyak yang bilang menyinggung dua hal tersebut saat lebaran gak menyenangkan, karena bisa bikin yang ditanya overthinking. Menurut saya sih hal tersebut balik lagi ke respons kita, mau diambil hati atau dibiarkan aja?

Kalo saya sendiri lumayan sering menjadikan hal itu sebagai dorongan. Misalnya pekerjaan yang saya lakukan dibandingin sama saudara, ya saya jadikan acuan buat nunjukin kalo bisa lebih. Sama seperti tulisan saya sebelumnya buat kita jadi pendendam yang baik.

Balik lagi apapun yang di luar kendali kita, semua tergantung respons kita gimana. Kita bisa aja marah, sedih, atau frustrasi. Tapi kita juga bisa jadikan hal itu sebagai dorongan buat jadi lebih baik.

Selamat lebaran!

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *