kpr di jakarta

KPR di Jakarta

Beberapa bulan lalu saya sempet ketemu temen kuliah yang udah lama di Jakarta. Saya pun baru tau kalo ternyata dia udah punya rumah di daerah Bekasi dengan KPR. Dari dulu ketika kerja di Jakarta sih saya belum pernah tuh kepikiran buat nyicil rumah. Ya, walaupun gak selamanya ngekos juga. Opsi paling memungkinkan ya beli apartemen.

Tapi, setelah ketemu dia, saya pun mulai mempertimbangkan buat beli rumah. Ya, agak jauh sih memang, tapi kan kita gak perlu bayar bulanan ke orang lain? Padahal kalo diakumulasi mungkin duit sewa tersebut bisa buat beli properti sendiri. Kata saya waktu itu. Karena itu juga, saya mulai rajin riset harga, cari-cari di OLX kisaran harga dan mulai nabung dari sekarang.

Hingga suatu hari saya juga ngobrol dengan temen dan bertanya, kenapa gak coba beli rumah? Padahal kan udah lama juga di sini. Katanya, belom butuh beli rumah karena kerjaan bisa pindah-pindah. Belum lagi kalo ada bencana yang membuat kita gak bisa bayar KPR. Karena itu saya pun pikir-pikir lagi.

Karena itu, penting buat lihat sesuatu dari dua perspektif, yang tanpa saya sadari sudah lakukan dari lama. Seperti saat mau beli barang, saya pasti akan lihat gak cuman dari keinginan, tapi juga kebutuhan. Terdengar simpel sih, tapi di luar sana pun masih banyak yang mendengar perspektif lain malah ngeyel, kan?

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *