karir di digital marketing

Tips Mempercepat Karier di Digital Marketing

Ada banyak jalan karier di digital marketing, mulai dari admin media sosial, handling SEO, content writer, SEM Specialist, dan lain sebagainya. Biasanya di awal dari bawah, yang masih di-direct best practices-nya gimana, cari pola yang sesuai, pokoknya masih ada atasan yang ngarahin kita gimana baiknya.

Tahap selanjutnya adalah sebagai strategist atau specialist. Kalo strategist lebih ke konseptor, specialist lebih ke teknis. Tahap selanjutnya baru sebagai seorang manager. Emangnya apa yang membedakan seorang manager dan bawahnya? Mindset bisnis-nya.

Kalo seorang strategist masih mikir apa campaign terbaik, dan specialist mikir biar campaign berjalan mulus, manager gak hanya supervise, tapi juga melihat apakah campaign-nya possible dijalankan? Apakah modal yang keluar bisa balik dengan mudah? Konversinya gimana? Manager lebih berfikir ke arah bisnis dan dampaknya. Jadi gak ada tuh spending dan bakar uang terus-terusan. Return on Investment matters.

Jadi, kalo kamu masih mulai digital marketing dari bawah, saran saya coba berfikir layaknya manager. Semua hal yang kamu lakuin coba dipikirkan juga positif dan negatifnya. Coba ambil keputusan dan tanya juga ke atasan. Dengan berlatih seperti itu mindset-mu juga akan terlatih untuk berada di atas.

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *