anak it

Cara Jadi Anak IT yang Selalu Dicari

Demand untuk lulusan IT beberapa tahun terakhir meningkat drastis, gak sebatas sebagai website developer, tapi juga masuk ke field Artificial Intelligence, User Interface, ataupun Data Analyst. Walaupun lulusan IT tergolong banyak, kenapa recruiter selalu beralasan susah mencari talenta IT? Bahkan, gak sedikit tuh yang main hijack dari perusahaan lain dengan benefit yang lebih.

Gimana biar jadi talenta IT yang dicari-cari? Bahkan bisa di-hijack terus? Tingkatkan skill komunikasi. Dari dulu anak IT itu selalu identik dengan nerd, kutu buku, kacamata, pokoknya selalu ngadep layar terus jadi kalo lagi ditanya seringnya gelagapan. Berapa banyak kenalanmu di IT yang kayak begitu? Ya, walaupun gak semua tapi beberapa teman saya pun agak sulit diajak komunikasi dan presentasi, kalah jauh sama anak sosial.

Skill itulah yang membuatmu sebagai anak IT beda dari anak IT lainnya. Kalo dibilang semua anak IT ngerti programming, mungkin 95% mengerti. Kalo dibilang menguasai skill komunikasi? Mungkin 50% aja gak sampe. Karena ketika udah kerja, skill komunikasi dengan rekan kerja biar hasil maksimal dan skill presentasi ke stakeholder yang akan membawamu ke jenjang selanjutnya.

Jadi, kalo kamu anak IT, latih skill public speaking-mu sejak dini. Bisa dimulai dari dateng ke event atau tonton Youtube orang-orang yang punya public speaking bagus. Kunci public speaking sebagai anak IT adalah menyampaikan informasi dengan bahasa yang dimengerti audiens.

Selamat mencoba!

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *